Kamis, 01 November 2012

bibimbabb

Resep:Bibimbap

Dari Wikibooks Indonesia, sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia
Langsung ke: navigasi, cari

Bahan

Daging sapi akar bunga lonceng (doraji), bracken (gosari,sejenis tanaman paku), kecambah, zucchini, jamur shiitake, nasi, saus gochujang, kecap asin, minyak wijen, bawang putih cincang, daun bawang cincang, biji wijen, lada hitam.
Bahan-bahan seperti doraji atau gosari mungkin sulit ditemui, namun bisa didapatkan di swalayan yang menjual produk Korea, atau bisa diganti dengan sayur lain, misalnya bayam.

Cara membuat

Daging sapi: bagian yang tak berlemak ¼ pon dipotong tipis-tipis, dicampurkan dengan 1 sdt kecap asin, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt bawang putih cincang, daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen, ¼ sdt minyak wijen dan digongseng di atas api besar dalam tempo sebentar, lalu angkat.
Doraji: dicincang tipis, lalu diremas bersama garam, cuci lalu direbus dalam air panas, angkat, diremas sampai airnya keluar, kemudian tumis dengan bumbu 1 sdt minyak wijen, 1 sdt daun bawang cincang, ½ sdt bawang putih cincang, 1 sdt biji wijen yang di atas api besar, setelah itu angkat.
Gosari: ¼ pon mentah dibersihkan dengan air, remas sampai cairannya keluar, lalu dipotong dengan ukuran 2 inci, dan tumis cepat di atas api besar dengan 1 sdt minyak wijen, 1 sdt daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen yang dipanggang, lalu angkat.
Zucchini: 1 buah zucchini dipotong tipis-tipis, direbus dalam air, angkat dan remas sampai airnya keluar campurkan dengan 1 sdt garam, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt biji wijen yang dipanggang.
Jamur: 4 buah jamur pyogo (shiitake) direndam dalam air hangat dan dipotong tipis-tipis tumis dengan 1 sdt minyak wijen, 1 sdt kecap asin, 1 sdt daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen panggang di atas api besar dengan cepat dan angkat.
Nasi: (4 cangkir) dicampurkan dengan 1 sdt minyak wijen, garam dan sajikan 1 cangkir nasi dalam setiap mangkuk perorangan.
Saus Gochujang: 4 sdt gochujang, dicampurkan dengan 1 sdt gula pasir, 1 sdt biji wijen panggang dan 2 sdt minyak wijen.
Masukkan dan susun semua bahan-bahan yang sudah disiapkan dalam mangkuk. Di tengah-tengah tuangkan saus gochujang dengan kuning telur. Aduk-aduk perlahan sampai semua bahan tercampur merata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar